Terkait Bencana Gempa Bumi di Lombok, Pemprov Sulsel Kirim Bantuan Secara Bertahap

oleh
Mutasi Pejabat di Sulsel Mendapat izin Mendagri

MACCANEWS –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terus mengirimkan bantuan ke lokasi bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat ini sedikitnya 60 dokter berada di sana.

“Pemerintah Sulawesi Selatan cukup leading, jadi hari pertama yang kita kirim 21 dokter dan paramedis,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Sumarsono, Rabu (08/08/2018).

Dia menyebutkan, dari jumlah dokter yang diberangkatan, 40 diantaranya berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel. Jumlah ini dibutuhkan karena untuk melakukan operasi tulang terhadap korban yang jumlahnya hingga 200-300 orang.

Lebih lanjut, Sumarsono mengaku akan mengirim bantuan secara bertahap, khususnya tim medis. Lantaran kebutuhan dokter untuk di Sulsel juga penting.

Meski demikian, Pemprov Sulsel bakal mengirimkan bantuan berupa barang seperti selimut dan tikar.

“Tergantung kebutuhan, untuk mereka memang diidentifikasi jadi kita standby stok baik tenaga maupun peralatan, tetapi karena provinsi lain bergerak setelah sulsel mengirimkan. Kita juga tidak ingin over supply,” ujarnya.

Untuk itu, Sumarsono pun mengajak pihak perusahaan swasta juga untuk ambil bagian. Apalagi masih banyak korban meninggal dunia yang harus dievakuasi dari reruntuhan bangunan.

Bahkan, kendala yang dihadapi di lokasi adalah kurangnya peralatan dan air bersih. Meski tercatat bantuan suplai air bersih telah ditangani oleh tenaga internasional dengan teknologi yang dimilikinya.

“Inikan soal keikhalsan dan komitmen kita untuk menangani bencana yang penting barangnya masuk ke sana,” pungkasnya. (**)