Ratusan Warga Ikuti Pelatihan Home Industri Lorong Dinas Koperasi

oleh

MACCANEWS– Untuk mendorong kemandirian UKM di tengah-tengah masyarakat, Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar kembali menggelar kursus atau pelatihan sablon kaos, di Kelurahan Pampang, Jumat (10/8/2018)

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Hj Surianty Kalsum, mengemukakan, sesuai dengan program pemerintah terkait kewirausahaan, maka Dinas Koperasi dan UKM bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan melakukan bimbingan dan pelatihan kepada masyarakat.

“Harapannya agar masyarakat memiliki skil dan kemampuan berwirausaha, warga bisa mandiri dengan membuka lapangan kerja baru setelah mengikuti pelatihan-pelatihan yang kami programkan saat ini,” ujar Surianty Kalsum di sela acara pelatihan.

Ia menambahkan, pelatihan sablon kaos manual itu bukan pertama kalinya di gelar. Namun telah beberapa kali digelar di sejumlah wilayah di Kota Makassar.

“Tahun lalu pun kami telah sasar sejumlah wilayah untuk pelatihan home industri ini, dengan sablon kaos dan pelatihan menjahit,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Data dan Informasi, Alderi, Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, mengatakan, Industri Sablon adalah industri yang cukup menjanjikan untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

“Siapapun bisa melakukan, termasuk ibu rumah tangga, ini juga bisa mengurangi tingkat kemiskinan, intinya kami akan terus bersinergi dengan kecamatan/kelurahan supaya program ini tepat sasaran,” jelas Alderi.

Ratusan warga yang membanjiri kegiatan tersebut terlihat antusias, salah satunya, Ayu Indah. Ayu mengaku mendapatkan keterampilan yang sangat berharga setelah mengikuti pelatihan UKM dari dinas koperasi tersebut.

“Kami sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk belajar membuka usaha baru, saya akan segera memperaktekan dan membuka usaha sablon baju kaos ini di rumah,” ungkpanya. (*)