Realitas Peranan Perempuan Dalam Memperjuangkan Air Minum dan Sanitasi

oleh
Realitas Peranan Perempuan Dalam Memperjuangkan Air Minum dan Sanitasi

MACCANEWS- Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana Kabuapten Maros adalah salah satu Desa yang di intervensi oleh Program Pamsimas bersumber dari BLM APBN tahun 2018. Target jumlah pemanfaat yaitu 197 KK , 759 Jiwa  di Dusun Malaka dan Arokke. Sistem Penyediaan Air Minum yang digunakan adalah gravitasi melalui sistem perpipaan. Sumber mata air yang digunakan adalah mata air dari pegunungan Dusun Tanete. Melihat kondisi akses jalan ke lokasi sumber air yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan maka KKM dan Satlak berkordinasi dengan Pemerintah Desa Cenrana Baru melakukan strategi mengangkut material dengan tenaga manusia ke lokasi pembangunan penangkap mata air. Kaum perempuan yang dikordinir oleh Ketua Tim Penggerak PPK Desa Cenrana Baru tidak mau tinggal diam dalam hal berpartisipasi terhadap program Pamsimas di Desanya.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cenrana baru yang turut serta mengakut material bersama kaum perempuan, Kaum Perempuan di Desanya menyadari bahwa betapa pentingnya kebutuhan akan air bersih, karena perempuan yang banyak memanfaatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, sehingga atas dasar itulah peran aktif kaum perempuan terkait dengan kegiatan air minum penyehatan lingkungan sangat dibutuhkan. Bersyukurlah kami di Desa Cenrana Baru bisa  di intervensi oleh Program Pamsimas. Bersama Kader Kesehatan di Desa Tim PKK juga secara berkesnambungan melakukan monitoring dan evaluasi terkait dengan kebiasaan masyarakat dalam Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Syamsiah selaku Koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Cenrana Baru mengatakan, Sesuai kesepakatan rembug warga bahwa jadwal gotong royong dalam bentuk swadaya tenaga (Inkind)  masyarakat semua terlibat baik Dusun yang kena sasaran program Pamsimas maupun Dusun yang belum diintervensi oleh program dan jadwal ini sudah disetujui oleh pemerintah Desa sehingga target pelaksanaan fisik bisa selesai dengan tepat waktu, tepat mutu, tepat anggaran dan tepat sasaran.

Fasilitator WSS Pamsimas Ilmiawan ST, selaku pendamping Desa Cenrana Baru juga mengatakan, Keterlibatan kaum perempuan di Desa Cenrana Baru dalam Program Pamsimas sangat antusias baik pada saat persiapan, perencanaan dan pelaksanaan sampai sekarang, termasuk keterlibatan mereka dalam pengawasan pelaksanaan konstruksi.

Begitupun Juga dikatakan oleh DC Pansimas kabupaten Maros Nur Khalis, ST, berharap agar Semoga pada tahap selanjutnya yaitu keberlanjutan peran perempuan bisa menjadi motivator  dalam hal pengelolaan sarana air minum , termasuk berperan dalam pelastarian dan perlindungan terhadap sumber air secara berkelanjutan.(*)